Home » » Membuat Database Sederhana dengan Microsoft SQL Server 2005

Membuat Database Sederhana dengan Microsoft SQL Server 2005

Microsoft SQL Server 2005 adalah produk Microsoft yang fenomenal sejak diluncurkannya sistem operasi Windows 2000 beberapa tahun yang lalu. Sebagai central dari fungsi pengelolaan data di dalam platform Microsoft, versi terbaru SQL Server yang dirilis bulan November 2005 adalah hasil penulisan ulang Software secara baik(sekitar tiga juta baris kode C). Hal tersebut meliputi peningkatan dan penambahan fitur-fitur baru yang berlimpah, baik mesin database SQL Server itu sendiri yang merupakan inti dari Software ini maupun sistem-sistem penunjangnya seperti Integration Services, Analytical Services, Reporting Services, Notification Services dan Service Broker. Buku ini mengulas topik yang berkaitan dengan pemrograman SQL Server 2005, daripada topik-topik administrasi yang umum. Berbeda dengan versi-versi pendahulunya, SQL Server 2005 adalah sebuah terobosan yang revolusioner dimana .NET Framework menyatu menjadi bagian dari database ini yang memberikan keleluasaan bagi programer untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi dan mengintegrasikannya dengan fasilitas-fasilitas yang ada di dalam SQL Server 2005. Dukungan terhadap XML, kriptografi dan teknik-teknik query baru pun menjadi tambahan fitur-fitur baru yang impresif.
SQL Server 2005 terus melebihi DB2 dalam fitur, fungsionalitas, dan inovasi dengan biaya yang jauh lebih rendah. Kemudahaan penggunaan dan tools manajemen membantu organisasi berhemat dalam biaya administrasi basis data, sembari menutup integrasi dengan Visual Studio dan Microsoft .NET Common Language Runtime (CLR) membuat SQL Server 2005 menjadi platform yang ideal untuk membangun aplikasi-aplikasi basis data yang ampuh.
SQL Server 2005 pada Microsoft Windows Server memberikan keamanan dan ketersediaan yang lebih, serta skalabilitas dari bisnis kecil sampai yang terbesar, semuanya dengan biaya yang jauh lebih rendah.
Mari kita coba membuat database dengan nama produk. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Install database SQL Server 2005.
2. Klik kanan pada Database
2.Maka akan muncul seperti gambar di bawah ini. Kemudian beri nama database produk.
3. Kemudian klik OK.Maka database produk telah dibuat.
4. Untuk membuat tabelnya, klik kanan pada tabel di dalam databasenya. Bisa dilihat pada gambar di bawah ini.
5. Misalnya kita membuat tabel barang, dengan field
id_barang(varchar(5)),nama(varchar)(50),stok(int),dan ket(varchar(50))
Column name diisi dengan nama field. Data Type digunakan untuk memilih type data yang digunakan. Selanjutnya dapat Null atau Not Null dapat diatur pada column allow null.
6. Kemudian save. (Ctrl+s) akan muncul kotak dialog Choose Name dan beri nama field dengan nama barang. Maka jadilah tabel barang.
Selanjutnya kita coba buat store procedurenya. Sampai jumpa di halaman selanjutnya.

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Dunia Teknologi dan Informasi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger